21 January, 2012

Hantu Titanic Mencari Cucu di Costa Concordia ??

"Costa Concordia" Cruiser Ship


Kapal pesiar termewah dunia saat ini bukan saja milik Costa Concordia yang baru saja tenggelam minggu lalu. Dunia masih memiliki kapal super mewah lainnya yang lebih mahal dan berkelas dari Costa Concordia, yaitu Oasis of The Seas.
Sebagai gambaran umum, Oasis of The Seas -sejak 2009- telah menggantikan posisi The Freedom of The Seas sebagai salah satu kapal penumpang paling besar yang ada di dunia hingga saat ini. Kapal pesiar termewah dan terbesar yang  dioperasikan pemakaiannya  mulai  5 Desember 2009 (selesai dibangun 28 Oktober 2009) ini menelan biaya sebesar US.$.1,4 miliar ini memiliki 16 deck penumpang lengkap dengan pelayanan super kelas dunia yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam tulisan ini.


Mengenal sosok Kapten Kapal Francesco Schettino.

Karamnya kapal pesiar mewah berkelas lainnya (Costa Concordia) baru-baru ini telah hangat dibicarakan dan diberitakan di seluruh dunia tentang apa sebab, latar belakang dan rincian kerugian matrial dan jiwa penumpangnya. Bahkan juga hangat dibicarakan nasib kapten kapal laut dengan berbagai pranalar dan literatur tentang sosok pribadi sang kapten yang misterius tersebut.
Kapten Francesco Schettino pantas disebut misterius dalam berbagai hal karena terjebak dalam aneka penilian inkredibilitas yang menyerang dirinya oleh pemberitaan media massa di seluruh dunia. Beberapa hal yang dituduhkan kepadanya antara lain adalah :

·         Kapten costa mengubah rute
·         Kapten kapal bermanuver meminta pertolongan.
·         Kapten kapal terlalu dekat pantai, telah diperingatkan oleh pengawas pantai.
·   Kapten kapal sedang bermesraan dengan wanita pujaannya saat kapal menabrak koral (karang).
·   Kapten kapal memberikan informasi yang berlawanan dengan pengakuannya bahwa ia adalah orang terakhir yang meninggalkan kapalnya.

Kapten kapal ini juga dianggap tidak berempati dengan meninggalkan kapalnya tatkala menjatuhkan dirinya pada sebuah skoci dan memilih melarikan diri dengan sebuah taksi untuk menggantikan kaos kakinya yang basah.

Banyak lagi penilaian negatif dan memojokkan sang kapten yang lahir di Sorrento Meta, Naples, Italia pada tanggal 14 Nopember 1960 ini. Bahkan penjaga pantai di pelabuhan Giglio Porto yang meminta agar ia kembali ke kapalnya dan tidak meninggalkan penumpangnya yang sedang memerlulan upaya penyelamatan.
Pendek kata, pria bergaya cowboy yang berzodiak Scorpio ini dinilai banyak kalangan memang sangat aneh sikapnya dan dianggap memiliki perilaku yang menyimpang untuk menjadi kapten kapal sekelas kapal mewah seperti Costa Concordia yang dinahkodainya sejak 6 tahun terakhir. Ia bergabung dengan Csta Cruises pada 2002. Sebelum menjabat sebagai nahkoda (2006) alumnus Institut Bahadri di Sorento, Italia ini  lebih dahulu menjabat sebagai wakil nahkoda selama hampir 2 tahun.

Schettino bergabung dengan Costa Cruises pada 2002. Lulusan sebuah Institut Bahari di Sorrento ini mulanya bertanggung jawab atas keamanan kapal. Tahun 2006, Schettino dipromosikan menjadi kapten kapal. Sebelumnya, ia dua kali menjadi wakil komandan kapal.
Meskipun penduduk desanya di Sorrento Metta  serta pengcara menilainya positif karena telah berusaha membawa kapalnya ke posisi lebih dekat ke arah pantai, apa daya media massa internasional dan beberapa anak buahnya bahkan rekaman percakapan dengan penjaga pantai di pelabuhan Giglio serta sopir taksi yang membahwa ke toko pakaian dalam memberikan kesaksian bahwa sang nahkoda tidak bertanggung jawab terhadap penumpangnya.

Selain hiruk pikuk berita dunia membahas sosok nahkoda yang misterius tersebut, media massa juga mulai mengorek-ngorek dan mengaitkan peristiwa tenggelamnya kapal pesiar mewah pertama di dunia RMS Titanic pada 14 April 1912 lalu, atau hampir satu abad (kurang 90 hari) dengan peristiwa tenggelamnya Costa Concordia beberapa hari lalu.

Ada beberapa kaitan yang menarik -entah benar apa tidak- yang terkandung dalam dua peristiwa bersejarah karamnya kapal pesiar mewah tersebut. Beberapa hal yang perlu dikaji antara lain adalah :

  1. Seperti Titanic yang kejadiannya mulai terjadi juga saat makan malam, Costa Concordia juga kejadiannya pada saat makan malam. ( sumber : http://forumku.info/tragedi-costa-concordia-baca.html )
  2. Peristiwa tenggelamnya Titanic sama persis tanggalnya yakni tanggal 14, meskipun tahun dan bulannya berbeda namun peristiwa yang terjadi salam waktu hampir seabad kemudia (100 tahun) ini dianggap sebuah kemiripan dan teka-teki yang menantang untuk dianalisis lebih lanjut. Bahkan jika mengacu kepada perbedaan waktu  (bumi berevolusi dan berotasi terhadap matahari antara 364- 365 hari dalam setahun)  atau berbeda antara 12 - 24 jam dengan tahun berikutnya maka dalam waktu 100 tahun berarti dalam satu abad terdapat  50 - 100 hari selisih hari  yang mendekati tepat 100 tahun peristiwa tenggelamnya Titanic. (Mohon pembaca budiman meluruskannya jika ada masukan tentang hal ini -red)
  3. Posisi sobekan lambung kapal antara kedua kapal pesiar naas tersebut juga persisi sama yaitu berada tepat di bagian kanan  lambung kapal dan posisinya berada antara bagian depan dan tengah (bukan bagian tengahnya).
  4. Salah satu cucu dari seorang penumpang Titanic  yang selamat dalam peristiwa 100 tahun lalu ternyata berada dalam kapal Concordia, yaitu Valentina Capuano. Dia adalah  cucu dari kakek Giovani yang berada di kapal Titanic 100 tahun lalu.
  5. Peristiwa lainnya adalah adanya kisah “perpisahan dan cinta sejati”  dalam situasi mencekam, yaitu kisah penuh emosional antara sepasang suami isteri asal Perancis yaitu Nicole Servel (61) dengan suaminya Francasi Servel (71). Mirip dengan peristiwa kisah cinta di kapal Titanic antara Jack Dawson dan Rose Dewitt,  dua sejoli yang dilanda mabuk asmara juga hampir sama terjadi di kapal Costa Concordia.
  6. Masih menurut para penumpang yang sebagian menjadi saksi bahwa pada saat kapal mulai karam, mereka mendengarkan alunan musik yang melantunkan lagu legendaris mengingatkan Titacni, yaitu ” My Heart Will Go On,” Entah itu berupa halusinasi atau tidak namun banyak orang meyakini memang benar lagu itu terdengar pada saat evakuasi berjalan sebelum sistim elektrik seluruhnya mati.

Berdasarkan kajian di atas, apakah mungkin peristiwa tenggelamnya Titanic 100 tahun lalu menjadi sebuah inspirasi bagi seseorang atau sekolompok orang yang maniac terhadap legenda Titanic sehingga melakukan sesuatu sebelum tepat tanggal 14 April 2o12?
Jika ia, mengapa ia melakukannya sebelum tanggal 14 April 2012? Padahal tanggal 14 April 2012 nanti adalah juga hari Sabtu atau menjelang Minggu (dinihari). Mengapa orang itu tidak sabar menunggu sampai datangnya peristiwa itu agar berpotensi unik? Berari kesengajaan itu, tidak mungkin bukan? Lagi pula tipis terjadinya kesengajaan untuk sebuah obsesi yang tidak humanis karena mengorbankan jiwa orang-orang yang tidak berdosa, bukan?
Kalau begitu siapakah ia? Apakah hantu Titanic “kakek”  Giovani mencari cucunya Valentian Capuano terus penasaran dan  gentayangan selama 100 tahun untuk mencari cucunya? Kalau penasaran, buat apa kakek Giovani mencarinya ke Kapal, bukankah sang kakek cukup melihat (berkunjung) ke rumah cucunya saja..?

Ahhhhh,..  ada - ada saja. Meskipun tidak ada kaitannya dengan hantu Titanic, tetap saja peristiwa karamnya si “Costa” itu menimbulkan tanda tanya dan menarik untuk dianalisis. Bukan saja karena biaya kerugian si Costa yang  teramat besar dan membuat setengah bangkrut asuransi penjaminnya, tapi juga karena si “Costa” menyebabkan terjadinya korban jiwa terhadap penumpangnya yang tidak berdosa yang telah dibawanya beberapa saat, tapi tak  dapat lagi kembali pada keluarganya.


Artikel : Abanggeutanyo




Sumber : Kompasiana

8 comments:

  1. iiih serem yaa legenda titanic...
    tapi masa ada hantu kakek Giovani yang nyari cucunya Valentian Capuano..hhe

    oiaa ikutan maen game tag2an blog yuuk...
    lebih jelasnya bisa buka link ini:
    http://happyendingrainbow.blogspot.com/2012/01/game-tag2an-niihhhe.html

    ReplyDelete
  2. Kira-kira apa cuma kebetulan aja ya kang..

    ReplyDelete
  3. @icha emang valentian ada di kapal itu yahhh? salam kenal dari Cafe Amaliun Indah
    ohya kang jo link kang jo uda Cafe Pasang tuh di blog cafe, jangan lupa ya kang jo pasang link Cafe disini.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Icha : aahh.. hantu emangnya ada yah ?
      @Udin : emajinasi orang-2 aja tuh..
      @Cafe : udah terpasang tuh kang, terimakasih..

      Terimakasih teman-2 semua atas kunjungannya..

      Delete
  4. itulah manusia...bila ada yg ganjil pastiiii ribut2 caripenyebab....hahaha...inpo bagus bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... memang negeri ini kaya akan profesi provokator Kang..
      Terimakasih kunjungannya.

      Delete
  5. Replies
    1. Silakan Mas.. kopinya sdh disiapin tuh.. Terimakasih

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.