31 January, 2012

STARTUP, Tren Bisnis Baru Selebritis

Dalam tiga tahun terakhir kalangan artis/selebritis Hollywood memiliki tren bisnis baru yakni turut membangun atau berinvestasi di perusahaan IT atau dikenal dengan nama startup.

Contohnya Mobli, salah satu startup dibalik aplikasi realtime photo dan layanan berbagi video, yang sebelumnya sudah disokong aktor Leonardo DiCaprio, kini turut didukung oleh atlit balap sepeda dunia dunia, Lance Armstrong.

Armstrong bergabung di Mobli di jajaran direksi sebagai penasehat, tak lama setelah Leonardo DiCaprio, sebelumnya telah menggelontorkan dana sebesar US$4 juta kepada perusahaan tersebut. "Ketika saya pertama kali diperkenalkan dengan Mobli, saya langsung tertarik, karena Mobli merupakan platform yang menarik dan cukup inovatif," ujar Armstrong.

Lance Armstrong sendiri bukanlah pemain baru di dunia media sosial, di Twitter ia sudah memiliki 3,2 juta follower, sementara di Facebook sudah dua juta 'Like' yang ia dapatkan.

Berdasarkan kisah-kisah sebelumnya, memang banyak startup menjadi sukses ketika mereka sudah didukung oleh seleritis/artis kenamaan. Tapi mengapa para artis tersebut begitu tertarik?

Kini sudah banyak artis kenamaan Hollywood bergabung di daftar selebritis yang ikutan dalam dunia startup, yakni ada Lady Gaga, Ashton Kutcher, Justin Bieber, dan lain-lain.

Mobli merupakan layanan aplikasi berbagi foto. Mobli dibuat berdasarkan pada channel yang berbasis subyek, dan filter seperti topik, tempat, dan lain-lain. Platform ini sudah digunakan oleh beberapa selebritis seperti Paris Hilton, David Arquette dan DiCaprio sendiri.

Para pengguna Mobli dapat terhubung dengan Facebook untuk menghadirkan elemen sosial dan berbagi foto ke teman. Lalu semua foto maupun video di layanan ini juga dapat di-'geotagged'. Aplikasi Mobli tersedia untuk perangkat iPhone, Android dan BlackBerry. Selain itu, aplikasi ini terus menambah sekira 10 ribu pengguna baru tiap harinya.

Tidak hanya artis-artis dewasa, artis-artis remaja pun sadar juga akan kesempatan tersebut, dan turut membidani sejumlah startup baru, contohnya bintang pop sekaligus kekasih dari Justin Bieber, Selena Gomez, kini ikut terjun di dunia startup dengan menjadi investor.

Gomez baru saja berinvestasi pada Postcard on the Sun, sebuah aplikasi gratis yang mampu membuat kartu pos langsung dari ponsel pengguna dan mengirimkan ke pihak lain.

Sekira US$750 ribu (Rp6,7 miliar) uang yang ditanamkan Gomez kepada perusahaan tersebut.

Berikut adalah sedikit daftar artis-artis donatur startup:

1. Lady Gaga berinvestasi sebesar US$7,5 juta di Turntable.fm

2. Justin Timberlake berinvestasi pada situs foto Dekko dan tentunya MySpace

3. Will Ferrel berinvestasi pada situs video komedia, Funny or Die

4. Ashton Kutcher berinvestasi di Foursquare, GroupMe, dan masih banyak lagi.

5. MC Hammer berinvestasi di search engine WireDoo

6. Justin Bieber berinvestasi di StellaService, Chloe & Isabel, dan lain-lain.

7. Kim Kardashian berinvestasi di situs sepatu wanita Shoedazzle.

Apa yang dilakukan para selebritis dunini tentu saja sangat positif, mengingat bahwa dengan kemajuan teknologi saat ini peluang bisnis dunia IT tentunya sangat menjanjikan.

Tapi bagaimana dengan para artis lokal? Adakah minat mereka terhadap dunia startup lokal kita? Mengingat sudah semakin maju pula dunia startup lokal saat ini. Kita tunggu.


Sumber : Inilah.Com

4 comments:

  1. Hebat informasinya. kalau suatu hari saya jadi selebritis, saya mau juga ikutan bisnis di dumay kaya artis dunia ini dech..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada cita-cita jadi celeb juga ya Jeng ?? Aamiin deh.. :)

      Delete
  2. informasi yang menari Bro... kira2 kapan ya Blogger lokal bisa invest...? hehehehhehe :)

    ReplyDelete
  3. bagus memang, artis2 sudah sadar jika mereka gak bisa sampe tua bakal jadi artis. makanya berinvestasi :D

    tapi kalo ane, masih mahasiswa, mau investasi pake duit sapa T_T

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.