20 January, 2012

Kopi & Cokelat Picu Migrain ??


Sering kali merasa pusing? Coba perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya, perubahan diet dan makanan tertentu dapat memicu migrain.

Sakit kepala adalah rasa tidak nyaman atau sensasi seperti tekanan di kepala. Migrain adalah jenis umum dari sakit kepala yang biasanya terjadi pada satu sisi kepala.
Salah satu alasan paling umum untuk sakit kepala akibat perubahan pola makan tiba-tiba beralih ke diet kalori sangat rendah. Hal tersebut disetujui oleh ahli gizi Dr Sunita Dube bahwa diet dapat memengaruhi sakit kepala.

"Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika diet ini mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sepenuhnya. Otak hanya dapat menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar.
Sakit kepala juga dapat terjadi karena kadar gula darah yang rendah. Jika Anda mulai melewatkan waktu makan atau memiliki interval yang panjang antar makanan Anda, sakit kepala bisa muncul. Bahkan, asupan air yang sangat rendah dapat memicu sakit kepala," ulasnya.
Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sakit kepala bahkan migrain, sebagaimana dilansir Times of India, Jumat (20/1/2012.
Tiramin
Tiramin adalah asam amino yang disinyalir memicu sakit kepala dengan mengurangi kadar serotonin di otak dan memengaruhi pelebaran pembuluh darah. Karena hal-hal tersebut memicu migrain, sehingga makanan yang mengandung tiramin merupakan pemicu yang paling harus diwaspadai. Makanan tersebut meliputi daging olahan, keju dan cokelat, sedangkan minumannya anggur merah dan minuman-minuman yang beralkohol.
Cokelat
Mungkin ini merupakan kabar buruk bagi pecinta cokelat. Di balik rasa cokelat yang nikmat, cokelat mengandung zat yang dapat menjadi penyebab migrain. Sebuah dilematis memang, di satu sisi cokelat bisa menjadi sahabat di kala stress, tapi juga memicu sakit kepala. Antipasinya adalah jumlah asupan cokelat yang harus dibatasi. Karena pasien yang memiliki riwayat migrain, cenderung diet lemak tinggi.
Kopi
Kopi mengandung zat adiktif ringan. Di saat kopi dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan konsentrasi. Tapi tiba-tiba sering dapat menyebabkan sakit kepala, membuat lekas marah dan gejala lainnya yang bervariasi dalam tingkat keparahan berbeda.
Gula
Gula alami ini penting karena semua tumbuhan dan hewan menyimpan energi kimia seperti gula. Semua bentuk gula alami memberikan nilai energi yang sama, empat kalori per gram. Kendati demkian, gula alami lebih baik dari pemanis buatan.
Minuman beralkohol
Anggur merah mengandung tiramin, phytochemical yang disebut fenol, yang mungkin menjadi pemicu nyata timbulnya migrain. Jadi bagi sebagian orang, minum setiap jenis alkohol bisa memacu migrain. Senyawa lain dalam bir, wiski, dan anggur yang menguras kadar serotonin (hormon senang) di otak juga dapat memicu migrain.
Jadi, jika Anda mencurigai alasan sering sakit kepala atau migrain mungkin karena masalah pada program diet Anda dan disarankan segera menemui dokter.
(tty)


Sumber : OkeZone

4 comments:

  1. wahh..bermanfaat banget nih kang postingannya..kebetulan saya penderita migrain,kalo sdh kena terpaksa bodrex dimainkan..hehheee..sdh aku kasih +1...ditunggu +1 nya kang buat blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, ulun langsung meluncur ke TKP..
      Makasih lah..

      Delete
  2. Penelitian yang dilakukan di Pittsburgh State University terhadap 63 wanita menunjukkan bahwa cokelat bukan merupakan pemicu terjadinya sakit kepala. Timbulnya migren lebih dihubungkan dengan keadaan hormon dalam tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih bisa juga menimbulkan migrain, klo dosis asupan cokelatnya berlebihan sehingga timbul kadar lemak yg tinggi..

      Thx ya sdh mampir..

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.