05 February, 2012

Sistem Operasi untuk "Treadmill" dari Apple

Apple akan membangun sistem operasi yang bisa berjalan di alat kebugaran, seperti treadmill.
Sistem operasi baru tersebut merupakan pengembangan dari konsep sebelumnya, yakni teknologi Nike+iPod yang memungkinkan pengguna mengintegrasikan iPod ke ke sepatu olahraga "Nike" atau treadmill. Kini, treadmillakan memiliki sistem operasi.

Tiga bulan lalu, Apple telah mendaftarkan paten untukmembangun OS di alat kebugaran. Sebelumnya Apple juga telah mendaftarkan paten untuk teknologi Nike+iPod. Pendaftaran paten kali ini merupakan pelengkap dari pendaftaran teknologi NIke+iPod. 

Pada teknologi Nike+iPod, pengguna bisa menghubungkan iPod (atau bisa juga dengan treadmilluntuk mendengarkan musik.

Selama terhubung dengan treadmill, iPod otomatis akan di-charge sehingga akan terus terisi daya selama pengguna melakukan latihan. Lalu, hasil latihan yang tertera di treadmill akan otomatis tersimpan di iPod atau iPhone.

Adapun teknologi yang akan dikembangkan Apple kali ini adalah menanam iOS di alat kebugaran sehingga semua pengguna akan terhubung dalam jaringan iCloud. 

Pengguna treadmill akan bisa berbagi riwayat penggunaan, seperti jarak tempuh, kalori yang terbakar, denyut jantung, tekanan darah, dan kadar oksigen, kepada pengguna yang lain.

Apple berharap, dengan sistem yang dibangun di alat kebugaran, pengguna dapat terdorong untuk berkompetisi bersama teman-temannya.

Karena menggunakan sistem iCloud, kompetisi antarpengguna bisa dilakukan di tempat olahraga yang berbeda, bahkan dari negara dan benua yang berbeda.

Kompetisi antarpengguna treadmill bisa dilakukan oleh lebih dari dua orang. Dalam jarak dekat, dua atau lebih pengguna treadmill bisa berkompetisi menggunakan bluetooth atau wireless.



Sumber : Kompas

1 comment:

  1. Wah mantabss kang Jo..makasih ya ane dapet ilmu baru...:0

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.