04 January, 2012

Flashdisk Rusak, Data Hilang, Bagaimana Mencegahnya ??


Anda menyimpan beberapa data penting di flashdisk. Salah satunya mungkin proposal bisnis yang paling potensial yang pernah Anda buat. Bagaimana seandainya flashdisk Anda tiba-tiba rusak, kena virus, hilang, atau pada intinya Anda tidak dapat mengakses data Anda kembali?
Apakah ada cara untuk mengembalikannya? TIDAK. Itulah jawaban yang jujur untuk pertanyaan tersebut. Tetapi, saya kira, Anda dapat membuat simpanan data cadangan.

Betapa pun sudah canggih teknologi yang dikembangkan manusia, ternyata belum mampu diciptakan semacam “tongkat atau mantra sihir” yang bisa mengembalikan data Anda yang hilang. Membuat data cadangan tak lain adalah antisipasi yang harus.
Data cadangan dapat Anda letakkan pada beberapa tempat.
Pertama, Anda tentu menyimpan data tersebut pada komputer meja entah di rumah atau di kantor.
Kedua, data penting perlu secara periodik, misalnya 3 bulan sekali, Anda bakar ke dalam compact disk atau dvd. Dengan kedua cara itu, kehilangan data masih relatif sering terjadi entah karena komputer Anda terserang virus, mengalami kerusakan perangkat keras, atau dvd/cd yang Anda gunakan untuk menyimpan pecah/rusak, dan lain sebagainya.
Saya ingin mengusulkan cara ketiga yang relatif paling aman.
Ketiga, simpanlah data penting Anda dalam jaringan internet. Beberapa dari Anda mungkin sudah familier dan juga sudah mempraktikannya; beberapa mungkin pernah mendengar tetapi belum melakukan. Kalau Anda belum tahu dan tentu saja belum pernah melakukannya, Anda bisa melakukan salah satu dari cara-cara berikut:

  1. Menyimpan data dalam surat elektronik/e-mail.  Ini relatif mudah karena Anda pasti sudah memilki akun surat elektronik; buat surat untuk diri sendiri, beri keterangan, lampirkan berkas yang Anda inginkan, dan kirim. Kelemahan cara ini adalah kuota lampiran yang biasanya di bawah 25 mb; tetapi, ini pasti cukup jika Anda hanya ingin mengamankan berkas-berkas MS Office.
  2. Menyimpan data dalam Google Documents. Google memberikan ruang 1 gb gratis untuk berbagai berkas; Anda dapat mengunggah folder dan menatanya seperti komputer di rumah. Untuk tiap tambahan ruang 1 gb, bila Anda merasa sangat butuh, Google hanya mengenakan biaya 0.25 US dollar. 
  3. Menyimpan data dalam situs penyimpanan data online lainnya 
Masih banyak situs-situs lain yang memberi ruang penyimpanan data gratis; misalnya Dropbox, Adrive, dan lainnya. Anda pun dapat memanfaatkan situs file sharing seperti mediafire, ifile, megaupload, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda tak perlu membagikan tautan berkas dan katakunci. Anda harus menyimpan tautan dan katakuncinya untuk diri sendiri.

Selamat Mencoba, Selamat Menyimpan data online!

PS: Kalau ada yang tahu situs yang relatif lebih baik untuk penyimpanan data online gratis, saya akan senang bila informasi itu dibagikan. Salam.





Ditulis Oleh : Isaiyas
Dimuat di Kompasiana.Com 04-01-2012

2 comments:

  1. Aku lebih suka yang nomor 2 hehe
    Kalau upload lama, maklum inet lemot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum pernah coba semua sob... hehehe..
      Masih pake konvensional, simpan di harddisk kompi plus back up di external HDD..

      Thx kunjungannya..

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.