28 December, 2011

Sombong Dan Mahalnya TKI Ilegal Di Jeddah..!

Gonjang-ganjing moratorium TKW ke Saudi Arabia,berdampak sangat luas bagi rakyat Saudi Arabia..yg selama ini sudah terbiasa memakai jasa TKW Indonesia sejak era 80-an..tak heran karena sudah begitu akrab dengan TKI,walau pemerintah Saudi Arabia sudah memberi solusi dg mengambil TKW dari Ethiopia, Srilanka dan Kenya,tapi tetap bagi  orang Saudi, TKW Indonesia tetaplah masih yg terbaik dari segi apapun,baik segi sopan santun,kepatuhan dan kebersihan..!

Beberapa hari yang lalu ada orang Saudi yg cerita dia ambil TKW ilegal dari Somali,tapi apa yang terjadi ?? ternyata TKW Somali itu lebih galak dibanding majikanya..jadi saat bangun tidur bukannya bikin teh or menyediakan sarapan pagi bagi tuannya,malah asik nonton tv..dan tetap sembunyi di kamarnya..akhirnya baru beberapa minggu di keluarkan..ya namanya ilegal sih gak masalah gampang saja..tinggal kasih gaji urusan beres..!
Ada lagi kolega saya orang Saudi bolak-balik call saya untuk mencarikan TKW, sebut saja namnya Mr Tariq, pdhl sudah berkali-kali saya jelaskan sekarang banyak TKI..yg sudah pulang ketanah air,dg cara deportasi jadi mereka susah balik ke Saudi karena kena banned 5 tahun..tetap saja maksa-maksa..kalo ada please tolong carikan..!saya jawab saja Insya Allah..!tapi sudah saya warning..saya tidak tanggung jawab,kalo TKW itu baik atau tidak,begitupun dengan majikan itu..baik atau tidak saya tidak tanggung jawab,karena saya tidak dapat uang sepeserpun..cuma Lillahi ta'ala karena ingin membantu sesama saja..!
Kebetulan lagi beberapa minggu sebelumnya saya dapat call dari TKW dari Lombok..yg 4 tahun lalu saya bantu, sebut saja namanya Reni..saat dia kebingungan,karena penampungannya digrebek..dan saat itu saya bekerja di restaurant indo yg paling top di Jeddah (cuma 5 bulan saya out gaji kecik)..tau-tau dia datang diantar taxi sopir Pakistan  nangis-nangis katanya dia tidak punya tempat tinggal,akhirnya saya bantu untuk tinggal di penampungan yg dikelola oleh teman saya yg suami istri..!
Dan rupanya dia masih simpan no hp..saya..dan dia beberapa minggu yg lalu call saya..katanya sudah beberpa minggu keluar dari majikan dan minta dibantu dicarikan kerjaan..!
Nah akhirnya saya kasih saja no TKW Lombok ini..ke majikan arab (Mr.Tariq) yg bolak-balik call ke saya..!
Apa yg terjadi sodara-sodara..setelah saya suruh negosiasi sendiri..jawabnya:
“Terlalu kecil mas delta,gaji cuma 1200 Riyal,kemarin saja majikan saya menggaji 1700 riyal,saya keluar karena..majikan-nya cerewet..!” ujar Reni..!
“Emang mau gaji berapa?”tanya saya..!
“Ya yang gak jauh dari 1700-1800 sr…”jawab Reni..
Wah edan..rupanya TKW ilegal indo benar2 sedang naik daun di jeddah,gaji 1200 riyal saja di tolak mentah-mentah..!
Belum lagi saat ngobrol-ngobrol dengan suami-istri yg dari banyuwangi(suaminya) dan istrinya dari Cirebon..mereka juga bisa mengantongi gaji 4000 riyal../bulan..!dan masih banyak lagi kisah lainnya ini hanya contoh kecil saja tentang tki ilegal di Jeddah..!
Yang pasti gaji standard TKW/L di Jeddah untuk sopir dan pembantu rumah tangga sekarang ini cukup tinggi..untuk sopir kaburan minimal 1600-2000 riyal..sementara untuk TKW,..pasaran 1400-1800 riyal..jika ada majikan yg menawari gaji 1200 riyal/bulan bagi tkw..di cuekin dan tidak ada yang mau..!
Padahal gaji TKW legal cuma 800 riyal dan sopir 1200 riyal,…! (sory 1riyal/2300 rupiah)
Tapi seenak-enaknya TKI ilegal ya masih enak yg legal,karena bisa cuti dan yang pasti tidak merepotkan ke dua negara baik Saudi Arabia maupun Indonesia..!
Sementara bagi TKI/W ilegal,setiap saat bisa dipulangkan jika lagi nasib buruk, ketangkap jawasad/polisi..dan di deportasi dengan di banned selama 5 tahun tidak boleh berkunjung ke Saudi Arabia..!

Tulisan ini bukan bermaksud agar para TKI di Saudi Arabia lari menjadi TKI/W ilegal ke Jeddah,karena apa posisi ilegal tetaplah rawan bagi pengguna apalagi yg bekerja sebagai sopir..bisa setiap saat dipecat jika sudah punya TKI legal/resmi..seperti kisah temanku dari Lampung yg sopir/ilegal..kerja pada majikan arab dg gaji 1800sr..tapi baru 6 bulan tiba-tiba..diberhentikan secara mendadak,katanya 2 hari lagi ada TKI sopir dari Philipina yg digaji perbulannya 1500 riyal/akhirnya TKI Lampung ini mencak-mencak,karena tidak siap dan mendadak banget, apalagi barang-barang-nya termasuk banyak..ada peralatan laptop/tv dan lain2..yg perlu waktu untuk mencari tempat tinggal baru..!untungnya dia banyak sodara di Jeddah, jadi terselamatkan nasibnya..!
Dan memang dalam hitungan hari juga sudah dapat majikan baru..!
Demikian sekilas lika-liku dunia per-Te ka i-an di Saudi Arabia..!semoga dapat di jadikan pelajaran bersama..!
Bahwa penting adanya rumah perlindungan bagi TKW agar tidak ada lagi yg ilegal di Saudi Arabia..!



Ditulis Oleh : Bernandang Delta Bvlgari
Dimuat di Kompasiana.Com 28-12-2011


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.