17 December, 2011

Meski Tubuh Tidak Sempurna, Hantarkan Anak ke Perguruan Tinggi

13240682051497482329

Mempunyai tubuh yang tidak sempurna, bukan berarti menjadi alasan untuk menyerah kepada nasib, berpangku tangan atau  menyalahkan kepada takdir.  Itulah alasan yang dikemukakan oleh Aban (45), yang memiliki cacat tubuh sejak lahir, sehingga bisa menikmati kehidupan sebagaimana dijalani orang normal pada umumnya.  Ia kini memiliki sebuah usaha yang cukup memadai, yang ia sebut sebagai “bengkel berjalan”.

Bengkel  unik karya Aban , tidaklah sama sebagaimana bengkel  sepeda motor pada umumnya, menempati sebuah ruko atau bangunan. Bengkel Aban,  berlokasi tidak menentu, lokasinya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Peralatan bengkel dari mesin generator, mesin pompa dan segenap peralatan lengkap lainnya, ia bawa di atas sepeda motor yang didesain khusus.

Selain tempat yang didatangi berpindah-pindah.  Bengkel Aban, juga terima panggilan.. Pekerjaan servis yang ia jalani sudah meliputi kerusakan berat, kerusakan sedang, sampat tambal ban sekalipun, siap dilayani. Hanya saja, bila ada sparepart yang tidak ia memiliki, konsumen lah yang  ia minta membelikannya ke toko onderdil

Pekerjaan bengkel Aban berjalan ini, sudah dijalaninya lebih dari 10 tahun. Sebelumnya menggunakan kendaraan yang didesai khusus ini, ia sebenarnya sudah membuka bengkel berjalan, tetapi tidak dapat berjalan maksimal. Karena, peralatan yang dimilikinya pun terbatas, sehingga bengkel berjalan jilid satu sebelumnya, lebih banyak diisi dengan kegiatan tambal ban.

“Karena fasilitas tidak memadai, yang datang pun hanya orang yang hendak tambal ban. Meski sebenarnya, peralatan untuk tambal waktu itu pun masih terbatas, memakai pompa tangan. Pulang perginya pun harus naik ojek, sehingga biayanya membengkak”, ujar Aban.

Dengan keterbatasan-keterbatasan, Bengkel Berjalan jilid satu ini, tetap ia tekuninya dengan baik. Ia bertekad dalam hati, suatu saat ingin membuat Bengkel Berjalan jilid dua, menggunakan kendaraan bermotor yang didesain khusus, yang diisi peralatan lengkap.

Dengan keyakinan yang mantap diserjati kerja keras tak mengenal lelah, impian Aban, terkabul. Ia akhirnya memiliki kendaraan yang didesain khusus, sesuai kondisi tubuhnya, serta bisa memuat peralatan bengkel yang lengkap. Sebelum menekuni pekerjaan bengkel sepeda motor, sebelum bengkel jilid satu, ia menjadi tukang jahit jaring ikan. Sampai pada suatu ketika ia ditawasi Kursus Bengkel Sepeda motor gratis yang diadakan Depnaker. “Setelah kursus itu, saya bertekad membuka bengkel, apapun keadaannya. Waktu itu, diberi beberapa alat  dan uang dari tempat kursus. Kalau tidak buka kursus, percuma saya ikut kursus. Maka saya memberanikan diri”, ujarnya.

Saat ini Aban tinggal di Kampung Sawahan Kelurahan Pelaihari. Sebelumnya ia tinggal di Kecamatan Kintap (saat menjadi penjahit jaring ikan). Kedua kakinya mengalami kecacatan, sehingga pekerjaan yang dapat dijalaninya adalah pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan duduk. Ia dapat saja memindahkan tubuhnya dalam jarak pendek, tetapi dengan cara “ngesot”. Itu yang dijalaninya saat “bertugas” melakukan pekerjaan service sepeda motor  sehari-hari. Pekerjaan ini benar-benar menjadi tulang punggung kehidupan keluarganya.

“Dengan pekerjaan sekarang ini, kebutuhan keluarga, bisa terpenuhi. Saya bisa hantarkan anak saya, sampai ke perguruan tinggi. Anak pertama saya,  sudah kuliah di IAIN. Dua semester lagi, sudah lulus. “, ujar Aban mengakhiri percakapan.





Ditulis Oleh : Akhmad Rozi
Dimuat di Kompasiana.Com 17-12-2011
http://sosok.kompasiana.com/2011/12/17/meski-tubuh-tidak-sempurna-hantarkan-anak-ke-perguruan-tinggi/

4 comments:

  1. Benar juga, semangat dan kemauan keras, sanggup menaklukkan segalanya...kita perlu juga belajar filosofi hidup dari pak Aban....

    ReplyDelete
  2. Iya Bang, dan hidup jangan pernah berhenti belajar..
    Terimakasih atas kunjungannya..

    ReplyDelete
  3. ini jadi motivasi kita yg memiliki anggota tubuh yg smpurna,semoga kita bisa berbuat lebih minimal untuk diri sendiri aja dlu.
    kang jo, trimakasih atas kunjungan k blog saya :D
    silahkan dipasang link saya ya kang, saya akan sgera pasang link kang jo di blog saya :D
    salam

    ReplyDelete
  4. Thx kunjungannya Bang Joe. Link sdh terpasang tuh, linkback ya..

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.