01 February, 2012

"Ibukota" Facebook Tetap Jakarta

Amerika Serikat boleh tercatat sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia. Pengguna Facebook di India bolah saja melampaui Indonesia. Tapi, jumlah pengguna Facebook di Jakarta tetap tak terkalahkan. Pantaslah kiranya kalau Jakarta disebut sebagai Ibu Kota Facebook seperti dikatakanPeter Vesterbacka, Chief Marketing Officer Rovio, saat mengumumkan bahwa game Angry Birds di Facebook akan diluncurkan di Jakarta pas Hari Valentine, 14 Februari 2012 .
Pasalnya sesuai data statistik yang dilansir situs Socialbakers.com, pengguna Facebook di Jakarta saat ini merupakan terbesar di dunia yakni mencapai 17,48 juta. Angka tersebut jauh melampaui jumlah pengguna jejaring sosial yang dibuat Marc Zuckerberg tersebut di kota-kota besar lainnya di dunia. Kota dengan pengguna Facebook terbesar di AS yakni New York hanya mencatat 4,3 juta pengguna dan di urutan ke-14. Sementara Delhi, India hanya mencatat 1,57 juta pengguna Facebook dan di urutan ke-36.
Menyusul Jakarta (17,48 juta pengguna), kota dengan pengguan Facebook terbesar adalah Instanbul (9,6 juta), Mexico City (9,3 juta), London (7,64 juta), Bangkok (7,4 juta), Buenos Aires (6,6 juta), Ankara (6,55 juta), Kuala Lumpur (6,5 juta), Bogota (6,4 juta), dan Madrid (5,95 juta).
Socialbakers.com, seperti dikutip situsFinancial Chronicle, Senin (30/1/2012), mengklaim perkiraan pengguna Facebook diolah dari Open Graph API Facebook. Situs tersebut menyajikan data statistik secara berkala pengguna layanan media sosial seperti facebook, Twittter, Google+, LinkedIn, dan YouTube.
Dari data terakhir, pengguna Facebook diperkirakan telah menembus 812 juta pengguna. AS tetap negara dengan pengguna Facebook terbesar dengan 152,6 juta pengguna. Pengguna Facebook di India mencapai 43,5 juta, menggeser Indonesia yang kini 43,06 juta pengguna.
Baca juga artikel-artikel teknologi, blogging, internet disini..

Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.